Monday, March 5, 2018
ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS
ANIMASI DAN DESAIN GRAFIS
ANIMASI
Definisi
Animasi adalah suatu seni untuk menciptakan gambar bergerak dengan sendiri lewat pemakaian komputer serta merupakan beberapa bagian dari komputer grafis serta animasi. Sesuai dengan namanya, animasi ini keseluruhannya ditangan dengan menggunakan perangkat komputer khusus. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan “pemain” serta kamera, pemberian nada, dan spesial efeknya semua dilakukan dengan komputer dan bantuan pihak ketiga yakni perangkat lunak. Animasi makin banyak dibuat lewat grafik komputer 3D, dan komputer grafik 2D
Perkembangan Animasi
Perlu diketahui bahwa animasi komputer mulai ada sesudah teknologi komputer berkembang di masa 80-an, animasi komputer mulai populer sejak timbulnya film PIXAR yakni Toy Story pada tahun 1995. Dengan adanya perubahan dan perkembangan teknologi komputer sekarang ini, sudah bisa dipastikan bahwa setiap orang dengan mudah dapat membuat suatu animasi, animasi yang dibuat juga akan bergantung pada keterampilan seorang animator serta software yang dipakainya.
Bersamaan dengan perubahan dan perkembangan dunia pertelevisian. Awal mulanya diciptakanlah animasi berbasiskan 2D, dimana objek yang dianimasikan memiliki ukuran panjang serta lebar saja. Realisasi riil dari perubahan animasi 2D yang cukup revolusioner berbentuk dibuatnya film-film kartun. Seven Dwarfs (1937) serta Fantasia (1940) dari Walt Disney yaitu karya-karya film kartun yang melegenda hingga saat ini.
Pembuatan animasi film kartun tersebut awal mulanya ditangani dengan membuat sketsa gambar yang digerakkan satu demi satu hingga bisa terbentuk suatu rangkaian gerak dari visual yang dihasilkan nantinya. Namun untuk saat ini setelah ditemukannya teknik animasi sel, maka pembuatan animasi sekarang tidak sesulit dulu, jika pada awal pembuatan animasi lebih menggunakan bahan kertas umum, sekarang ini pembuatan animasi telah menggunakan kertas transparan yang terbuat dari bahan celluloid sheet, teknik animasi sel berikut yang lalu diadopsi dalam animasi komputer.
Untuk saat ini, pembuatan dunia animasi sudah jauh lebih canggih dan modern, sebagai contoh dengan dirilisnya software Eye Matic Face Station yang sudah mempunyai dukungan animasi berbasiskan 3D ini jadi sutrada tak perlu lagi menghadirkan seseorang aktris atau aktor yang bayarannya mahal dalam pembuatan film. Cukup hanya memiliki foto terlihat samping serta terlihat depan jadi muka artis tadi bisa dimodel serupa dengan aslinya, berbentuk 3D pastinya.
Cara Kerja Animasi
Pra-Produksi (Konsep, skenario, pembentukan karakter, storyboard, dubbing awal, musik dan sound FX), Produksi (lay out, key motion, in between, background, scanning, coloring);
Post-Produksi (Composite, editing, rendering, pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dll);
Dikerjakan/digarap seorang animator dengan banyak bantuan komputer, teknik sel animasi diadopsi dalam animasi komputer, kertas gambar dalam pembuatan sebelumnya di program menjadi frame komputer, jadi yang semula kumpulan gambar menjadi kumpulan frame dan dibuat di dalam satu layer atau beberapa layer.
DESAIN GRAFIS
Definisi
Desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan
Sejarah
Henry Cole menjadi salah seorang yang paling berpengaruh dalam pendidikan desain di Inggris, ia meyakinkan pemerintah tentang pentingnya desain dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures. Dia menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain bergaya Victoria.
Dari tahun 1891 sampai 1896, Percetakan William Morris Kelmscott mempublikasikan buku karya desain grafis yang dibuat oleh gerakan Arts and Crafts , dan membuat buku dengan desain yang lebih bagus dan elegan untuk dijual kepada orang-orang kaya. Morris membuktikan adanya potensi pasar untuk produk-produk desain grafis. Morris juga mempelopori pemisahan desain grafis dari seni rupa. Karya –karya Morris dan karya dari pergerakan Private Press secara langsung mempengaruhi Art Nouveau, dan secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan desain grafis pada awal abad ke 20.
Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika.
Raffe's Graphic Design, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan istilah Desain Grafis pada judulnya The signage in the London Underground adalah contoh desain klasik pada abad modern yang menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916.
Pada tahun 1920, Aliran konstuktivisme di Uni Soviet melihat seni yang berorientasi individu tidak ada gunanya bagi Rusia dan membuat sesuatu yang dapat diterapkan di dunia nyata. Mereka mendesain bangunan, perangkat teater, poster, kain, pakaian, perabot, logo, menu, dll.
Jan Tschichold merumuskan prinsip-prinsip dasar tipografi modern pada tahun 1928 dalam bukunya yang berjudul New Typography. Tschichold, Bauhaus,Herbert Bayer and Laszlo Moholy-Nagy, and El Lissitzky adalah tipografer yang berpengaruh besar dalam ilmu desain grafis yang kita kenal sekarang ini. Mereka mempelopori teknik produksi yang digunakan sepanjang abad ke 20. Pada tahun-tahun berikutnya desain grafis mendapat banyak pengakuan dan mulai banyak diterapkan. Pasca Perang Dunia II, kebutuhan akan desain grafis meningkat pesat, terutama untuk periklanan dan kemasan produk. Perpindahan Sekolah Bauhaus dari Jerman ke Chicago pada tahun 1937 membawa pengaruh besar pada desain di Amerika. Nama- nama yang terkenal diantaranya Adrian Frutiger(desainer jenis huruf Univers dan Frutiger), Paul Rand(yang dari akhir 1930-an sampai kematiannya pada tahun 1996 menggunakan prinsip Bauhaus dan menerapkannya padaiklan dan desain logo.
Perkembangan industi desain grafis tumbuh seiring dengan perkembangan konsumerisme. Hal ini menimbulkan kritik dari berbagai komunitas desain yang tertuang dalam First Things First manifesto yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1964 dan diterbitkan kembali pada tahun 1999 di majalah Émigré. Konsumerisme terus tumbuh, sehingga terus memacu pertumbuhan ilmu desain grafis. Hal ini menarik para praktisi desain grafis, beberapa diantaranya adalah : Rudy VanderLans, Erik Spiekermann, Ellen Lupton and Rick Poynor.
Batasan Media
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia.
Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Prinsip dan Unsur Desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Keterampilan
Seni Visual : Fotografi dan digital imaging.
Tipografi : Seni dalam merancang, menyusun dan memodifikasi huruf.
Tata Letak : Seni dalam menyusun elemen yang ada pada sebuah halaman seperti penempatan gambar dan teks.
Desain Interaksi : Merancang tampilan untuk meningkatan kenyamaan saat menggunakan perangkat lunak atau mengunjungi halaman web
Source :
http://www.komputerdia.com/2017/04/pengertian-komputer-animasi-animasi-komputer-dan-perkembangannya.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment